RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
UNTUK ANAK USIA DINI (TK/RA)
Tema/ Sub Tema : Diri Sendiri/ Tubuhku
Kelompok : A (4-5 tahun)
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Strategi Pembelajaran
|
Senin,1Agustus
2016
1.
Mengenal
anggota tubuh diri sendiri
2.
Menyusun
puzzle salah satu anggota tubuh
3.
Membaca
Iqra
Selasa,2-8-2016
1.
Bermain
peran”pergi ke dokter gigi”(anak menjadi pasien dan guru sebagai dokternya)
2.
Bernyanyi
anggota tubuh dalam bahasa Arab
3.
Membaca
Iqra
Rabu
3 Agustus 2016
1.
Menempelkan
anggota tubuh yang sudah di beritanda warna oleh guru kemudian anak
mencocokkan dengan warna yang sama
2.
Bernyanyi
“kepala pundak lutut kaki”
3.
Membaca
Iqra
Kamis,4
Agustus 2016
1.
Senam
2.
Cooking
class
3.
Membaca
Iqra
Jumat,5
Agustus 2016
1.
Praktek
ibadah
2.
Bercerita
tentang kisah nabi melalui lagu.
3.
Membaca
Iqra
|
Anak
mengetahui bagian anggota tubuhnya
Melatih
konsentrasi anak dalam menyusun dengan benar
Anak
belajar mengenal anggota tubuh
Anak
mengenal huruf hijaiyah
Anak
ncermengetahui cara merawat gigi
Anak
dapat berhasa arab melalui irama gerak dan lagu
Anak
mengenal huruf hijaiyah
Melatih
motorik halus anak dalam mengelem dan menempel.
Melatih
seni anak melalui gerak dan lagu
Anak
mengenal huruf hijaiyah
Anak
dapat mengikuti gerak dan lagu
Anak
dapat mengetahui cara olah masakan
Melatih
motorik kasar anak
Anak
mengenal huruf hijaiyah
Anak
terbiasa beribadah
Anak
bisa
mengetahui
kisah kisah nabi dan mudah di ingat dengan irama lagu.
Anak
mengenal huruf hijayah
|
Sentra
persiapan
Guru Menyiapkan bingkai foto anggota
tubuh diri warna merah, kuning, hijau
Guru
menyiapkan media berupa puzzle yang
belum tersusun untuk di susun oleh anak
Guru
memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dengan pembelajaran Iqra
Sentra
Bermain Peran
Guru mempersiapkan peralatan dokter gigi
dan menceritakan jalan cerita yang akan di mainkan oleh anak dan Guru
Guru
memberikan contoh lagu dan di ikuti oleh semua anak
Guru
memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dalam pembalajaran iqra
Sentra
Seni
Guru
menyiapkan media berupa gambar anggota tubuh, kertas warna yang sudah di
bentuk dan lem kemudian anak akan mencocokan dan menempelnya sesuai gambar
yang sudah di beri tanda oleh guru
Guru
memberi contoh gerak dan lagu, dan di
ikuti oleh semua anak
Guru
memakai media kartu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran Iqra
Sentra
Olah tubuh
Guru
mencontohkan gerakan senam sehat gembira
Guru
menyiapakan peralatan masak dan bahan bahan yang akan di olah kemudian guru
mengintruksikan supaya menyimak dan memperhatikan.
Guru
memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra
Sentra
Imtaq
Guru
mencontohkan gerakan ibadah(cara berwudhu dan shalat)
Guru
bercerita sambil bernyanyi menggunakan boneka tangan
Guru
memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra
|
Berpusat
pada anak
Bernyanyi
Beercerita
Pembelajaran
terpadu
Bermain
Pengembangan
nilai nilai Karakter
Berpusat
pada anak
Bermain
Bercerita
Bernyanyi
Pembelajaran
terpadu
Pengembangan
nilai-nilai karakter
Berpusat
pada anak
Bermain
Bercerita
Bernyanyi
Pembelajaran
terpadu
Nilai-nilai
karakter
Berpusat
pada anak
Bermain
Bercerita
Bernyanyi
Pembelajaran
terpadu
Nilai-nilai
karakter
|
Mengetahui
|
||
Kepala
Sekolah
|
Wali kelas
|
|
Evan
Tripurnama
|
Dini Pratami
amalia
|
0 komentar:
Posting Komentar