22 Mei 2016

Pengertian Bayi,Batita dan Balita serta Anak Usia Dini

Edit Posted by with 3 comments
Pengertian Bayi, Batita dan Balita serta Anak Usia Dini - Di dalam fantasy anak banyak sekali yang harus kita perhatikan baik dimulai dari teori tentang anak, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak, tahapan-tahapan dan gambaran dunia ank baik sebelum lahir maupun setelah lahir. 

Pada artikel ini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang Teori atau pengertian tentang ruang lingkup anak usia dini termasuk didalamna ada istilah Bayi, Batita dan Balita.

Bayi adalah sebutan untuk anak usia 0 – 1 tahun ( Soetjiningsih tahun 2004) dan makhluk hidup yang baru saja dilahirkan dari Rahim ibu (Muchtar tahun 2002). Pada masa ini sangat lucu-lucu nya anak baik fisik maupun dalam tingkah lakunya, karena pada masa ini adalah masa yang polos dan unik bagi anak.



Batita adalah suatu istilah untuk anak berusia di bawah tiga tahun    yang mana perkembangan nya sudah mulai terlihat. pada masa ini anak sudah mulai bisa belajar merangkak hingga berjalan tetapi harus mendapatkan perhatian yang lebih dari kedua orang tua . 

Balita adalah  suatu istilah untuk anak berusia di bawah lima tahun, yang mana pada masa ini anak sudah bisa berjalan, masa yang sangat baik dalam pengembangan tumbuh kembang anak.

Ketiga kategori diatas merupakan suatu cakupan dari pengertian Anak Usia Dini karena AUD adalah suatu istilah untuk anak yang berusia 0 – 6 tahun. Tetapi dalam dunia pendidikan Anak usia dini biasanya kurang dari 7 tahun. Karena ada beberapa factor alasan di tentukan nya kategori beberapa usia diatas yaitu : 

  1. Merupakan usia pada awal kelahiran anak
  2. Masa keemasan atau golden age artinya pada masa ini adalah masa peka dan masa yang sangat unik pada anak.
  3. Masa dimana Rasulullah menghargai pada sikap Orang tua dalam penanaman Akhlaq nya. Karena apabila sudah mencapai umur 7 tahun ke atas apabila seorang anak sudah tidak menaati apa yang diperintahkan oleh kedua Orang tua maka selain diberi Nasihati sangat wajib sekali untuk diberi teguran kalau perlu dipukul.
  4. Pada masa ini adalah awal anak belajar sebelum masuk ke sekoah Dasar. Karena dalam peraturan pemerintah tahun 2013 kemarin Anak yang akan masuk sekolah dasar tidak boleh kurang dari umur 7 tahun.

Di sisi lain Masa pada anak Usia dini juga terbagi kedalam dua tahapan/masa yaitu masa pra dan pasca atau sebelum lahir dan masa sesudah lahir. Baca juga artikel mengenai Rahasia Kedekatan Ibu dan balita.


  1. Masa pra Lahir ( sebelum lahir ) adalah suatu masa anak masih di dalam kandung Rahim ibu. Dimulai dengan terbentuknya Zigot, fase morula, fase blastula, fase gastrula, hingga menjadi Embrio atau janin.
  2. Masa pasca lahir/pascanatal ( setelah lahir ) adalah suatu masa anak setelah lahir dari dalam kandungan seorang ibu ke dunia ini.
 

3 komentar:

  1. haii numpang promo yahhh
    KENARI POKER,com lagi bagi-bagi bonus newmember
    20.000 dengan deposit minimal 15.000
    yukk buruan jangan sampai ketinggalan !! ^_^V

    DAN DI KENARI POKER JUGA ADA BONUS NEXT DEPOSIT LOH !!untuk member lama
    dengan minimal deposit hanya 100.000 untuk mendapatkan bonus 20%nya Nihh yukk buruaan jangan sampaii
    ketinggalannn !!

    BalasHapus